TRANSPARANSI INFORMASI DAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DANA DESA

Krasak 19 Juli 2018,Begitu pentingnya peran serta masyarakat dalam pengawasan dan pengelolaan dana desa maka pemerintah pusat mewajibkan kepada setiap desa untuk memberikan informasi penggunaan dana desa secara transparan kepada masyarakat.

Hal itu ditujukan agar apa yang menjadi harapan dari pemerintah pusat supaya dana desa dapat terserap secara maksimal,tepat sasaran dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga mampu meningkatkan kualitas sumberdaya yang ada dapat terwujud.

Program tersebut mendapatkan respon positif dari banyak kalangan terlebih dari masyarakat,karena dengan adanya keterbukaan informasi diharapkan agar pemerintah bisa lebih fokus dan berhati hati dalam penggunaan dan pengelolaan dana desa (DD) maupun alokasi dana desa (ADD).

Pemerintah desa sendiri juga sangat mendukung program transparansi informasi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat,terbukti dengan dipasangnya papan informasi penggunaan ADD dan DD disejumlah titik didesa krasak.

Pemerintah desa berharap,dengan adanya papan informasi penggunaan ADD dan DD tersebut mampu menjawab pertanyaan masyarakat selama ini tentang penggunaan dan pengelolaan keuangan desa.red*

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan