SEDEKAH RUKUN DESA KRASAK,WARGA BEREBUT GUNUNGAN HASIL BUMI

Hisilicon Balong

Jum’at 10 Agustus 2018 suasana di halaman pendopo Balaidesa Krasak riuh redam oleh ratusan warga yang hadir pada siang itu.seusai melaksanakan sholat jum’at,para warga datang berbondong-bondong ke Balaidesa untuk turut serta mengikuti kegiatan sedekah bumi yang diadakan oleh pemerintah desa.

tak hanya dari kalangan ibu-ibu dan bapak-bapak yang hadir pada kesempatan itu,dari pemuda-pemudi dan bahkan anak-anak kecil pun ikut memeriahkan acara sedekah bumi tersebut.

Diawali dengan membawa gunungan hasil bumi yang diarak ke balaidesa,acara selamatan pun dilaksanakan.kegiatan sedekah bumi kali ini memang tidak seperti biasanya,terbukti dari antusiasme warga dalam menyambut kegiatan tersebut yang cukup meriah.

 

     Kegiatan sedekah bumi ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pemerintah desa setiap tahunnya,dalam rangka pelestarian adat budaya dan kearifan lokal yang ada.disamping itu juga merupakan bentuk rasa syukur kepada yang maha kuasa atas karunia yang telah diberikan .

di tahun ini pemerintah desa Krasak mengadakan kegiatan sedekah bumi dengan mendatangkan hiburan berupa pagelaran wayang kulit,dengan harapan agar masyarakat lebih peduli dan mencintai budaya kesenian daerah yang mungkin saat ini hampir dilupakan oleh generasi jaman now.

Memang sudah selayaknya pelestarian budaya dan kesenian daerah menjadi satu hal yang patut diperhatikan bagi masyarakat,karena hal tersebut merupakan warisan dari para pendahulu dan sekaligus merupakan sebuah aset yang bisa kita banggakan dan kita manfaatkan.(red*)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan